16 Oktober 2018

Minum Berdiri Berbahayakah?


Minum Berdiri Berbahayakah?

Ada sejumlah mitos dan fakta tentang kesehatan. Misalnya saja seputar minum. Ada anggapan kalau minum air sambil berdiri kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Mungkin orangtua atau kakek nenek kita pernah mengatakan jangan minum sambil berdiri karena dianggap kurang sopan.

Apakah itu hanya sekedar mitos atau memang fakta? air yang tidak dikonsumsi dengan cara yang benar bisa berdampak negatif dan menimbulkan risiko masalah kesehatan. Tubuh manusia dirancang sedemikian rupa sehingga kita mendapatkan manfaat maksimal ketika duduk dan berolahraga.

Jadi ada alasan jelas kenapa orang tua selalu menyuruh makan dan minum sambil duduk. Kalau kita minum air sambil berdiri, air yang masuk melewati sistem mengalir lurus dan tidak benar-benar mencapai organ tubuh seharusnya. Akibatnya, kotoran yang seharusnya keluar malah tersimpan di ginjal dan kandung kemih.

Minum sambil berdiri membuat tubuh tidak selaras dengan alam dan memicu sistem saraf. Nutrisi akan terbuang percuma dan tubuh akan menghadapi stres atau ketegangan. Yang terburuk, minum air sambil berdiri tidak benar-benar memuaskan dahaga Anda.

Itu karena air mengalir langsung, maka nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tidak mencapai hati dan saluran pencernaan. Saat Anda minum air dan berdiri, air mengalir melalui sistem dengan sangat cepat dan ini berisiko terhadap fungsi paru-paru dan jantung Anda.

Tingkat oksigen juga terganggu kalau minum dengan cara ini. Risiko lainnya adalah bisa menimbulkan nyeri sendi, degenerasi tulang, dan lemah tubuh. Kesimpulannya, sangat disarankan untuk minum air sambil duduk, sama halnya dengan makan sambil duduk.

Saat Anda minum air dari botol atau gelas sambil duduk, nutrisi mencapai otak dan dapat meningkatkan aktivitas otak. Cara ini juga membantu pencernaan yang lebih baik dan memastikan Anda tidak merasa kembung setelah minum.

Dengan minum sambil duduk, semua manfaat dicapai dalam organ, seperti menghilangkan racun dan kotoran dalam tubuh, dan kesehatan Anda meningkat secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar