15 Februari 2019

Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar

Janganlah sembarangan dalam hal membersihkan telinga. Sebab ada beberapa cara yang diyakini banyak orang, tapi ternyata salah, seperti penggunaan cotton bud.

Ternyata penggunaan cotton bud malah berpotensi mendorong kotoran lebih dalam lagi. Selain itu cotton bud yang memiliki permukaan yang agak kasar, sehingga dapat beresiko mengalami iritasi pada saluran telinga.

Nah, kali ini AsmaraKu bersama dokter spesialis telinga hidung tenggorokan (THT) RS EMC Sentul, Edo Wira Candra akan membahas cara membersihkan telinga yang benar.

Saat membersihkan telinga, kata Edo, dianjurkan hanya di bagian luar saja. Selain itu, masih ada beberapa catatan lagi cara tepat membersihkan telinga yang benar. 

Membersihkan telinga juga tidak boleh sembarangan, karena bisa-bisa melukai panca indra yang penting ini. Berikut ini metode membersihkan telinga yang benar dan aman.

1. Tidak menggunakan ear candle

Membersihkan telinga sebaiknya tidak menggunakan ear candle karena tidak terbukti efektif. Ear candle justru bisa menyebabkan cedera, rasanya seperti terbakar dan saluran telinga tersumbat. 

2. Tidak menggunakan cotton bud atau benda lainnya

Hampir semua orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Kamu harus tahu bahwa menggunakan cotton bud atau benda lainnya justru dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam, bahkan bisa menyebabkan luka pada telinga.

3. Gunakan obat tetes telinga atau baby oil

Dibandingkan dengan ear candle, obat tetes telinga dan baby oil lebih baik untuk digunakan dalam membersihkan telinga. Obat tetes telinga bisa kamu beli bebas di apotek. Kedua bahan tersebut berfungsi melunakkan gumpalan kotoran telinga sehingga akan lebih mudah keluar.

4. Keluarkan kotoran telinga tersebut

Dua hari setelah meneteskan obat tetes tersebut, miringkan kepala dan teteskan air hangat ke dalam salah satu telinga. Kemudian miringkan ke arah yang berlawanan untuk mengeluarkan kotoran. 

5. Keringkan telinga

Setelah kotoran keluar, keringkan air dari telinga. Usap pelan-pelan dengan handuk.

6. Ulangi prosesnya beberapa kali

Kamu perlu mengulang proses itu beberapa kali sampai semua kotoran keluar. Namun apabila telingamu sedang mengalami infeksi, jangan gunakan metode ini. Metode ini juga memiliki risiko membuat kotoran yang sudah lunak menjadi semakin masuk ke dalam saluran telinga. 

7. Pergi ke dokter THT

Jika dengan metode ini kotoran telinga tidak berkurang, pergilah ke dokter THT. Dokter akan mengeluarkan kotoran telingamu dengan alat sedot khusus atau irigasi telinga.

Nah, sekarang sudah tahu kan cara membersihkan telinga yang benar? Jangan salah lagi ya. Jangan sampai telingamu malah mengalami infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar