25 Juli 2019

Keuntungan Service Ac Mobil Secara Rutin



Perawatan mobil harus dilakukan secara rutin termasuk pada bagian Ac. Hal ini tentu memiliki tujuan dan manfaat. Ac mobil yang mendapatkan perawatan yang rutin tentu berbeda dengan yang tidak dirawat secara rutin dari segi kenyamanan penggunaan. Oleh karena itu, mulai saat ini sebaiknya anda melakukan service Ac mobil secara rutin agar mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini :
Keuntungan Service Ac Mobil Secara Rutin
1. Mengetahui Kondisi Ac Mobil
Melakukan service Ac mobil secara rutin membuat anda mengetahui kerusakan yang terjadi pada Ac. Jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen yang bermasalah, anda dapat dengan segera memperbaikinya. Hal ini tentu juga bermanfaat agar kerusakan pada salah satu komponen Ac tidak mengganggu kinerja komponen yang lain. Sehingga, tidak terjadi kerusakan yang berlanjut.
2. Menjaga Performa Mesin Ac Mobil
Komponen – komponen mesin di dalamnya menjadi aus apabila mobil tersebut digunakan secara terus menerus, termasuk Ac mobil. Pada Ac mobil terdapat banyak bagian seperti oli, filter, kondensor, dan lain – lain. Jika anda melakukan service secara berkala, bagian – bagian tersebut akan dibersihkan dan diisi ulang. Dengan begitu, performa Ac mobil akan terjaga.
3. Menghindari Bau Pada Ac Mobil
Penyebab dari bau pada Ac mobil adalah filter Ac yang tidak pernah diganti. Penggantian filter akan dilakukan pada saat service Ac mobil karena filter ini berfungsi sebagai penyaring debu dan bakteri yang masuk. Pada saat service, permbersihan juga akan dilakukan pada bagian evaporator, blower dan kondensor. Jika tidak dilakukan pembersihan maka bagian – bagian tersebut akan tersumbat dan mengakibatkan bau yang tidak sedap.
4. Menghindari Ac mati tiba – tiba
Jika Ac mobil anda mati secara tiba – tiba, coba ingat kembali kapan terakhir kali anda melakukan service Ac mobil. Jika anda tidak melakukan service secara rutin, mesin Ac mobil akan mengalami kegagalan sistem. Sebaliknya, jika anda rutin melakukan service, kerusakan pada sistem tersebut akan diketahui lebih dini sehingga mengurangi resiko Ac mati secara tiba – tiba.
5. Menghindari Korosi Pada Komponen
Di dalam Ac terdapat banyak sekali komponen berupa material yang rentan mengalami korosi. Jika anda tidak melakukan service secara rutin, komponen – komponen tersebut akan mudah mengalami korosi. Apabila keadaannya sudah parah, anda harus mengganti komponen tersebut ke bengkel Ac mobil terpercaya. Tentu hal ini menghabiskan biaya yang tidak murah. Kerusakan ini disebabkan oleh kontaminasi udara di oli kompresor Ac. Oleh karena itu, oli yang terkontaminasi bersifat asam dan di bagian komponen pada mesin Ac menjadi sumber endapan.
6. Mengurangi Resiko Bakteri Masuk di Kabin Mobil
Anda bisa membawa mobil anda ke bengkel Ac mobil untuk mengecek kondisi filter kabin utama. Jika tidak pernah diganti, bakteri akan mudah masuk ke bagian kabin mobil. Tentu keberadaan bakteri berbahaya tersebut dapat mengancam kondisi kesehatan anda.  
7. Menghindari Panas Berlebih Pada Sistem Mesin Ac Mobil
Penyebab dari panas berlebih pada Ac mobil dikarenakan kipas radiator atau kipas kondensor mati. Anda tidak akan mengetahui kerusakan ini jika tidak melakukan service. Sehingga, sebaiknya anda melakukan service secara berkala untuk mengetahui kondisi kipas radiator atau kipas kondensor.
8. Memperpanjang Umur Kendaraan
Melakukan service rutin pada Ac mobil anda tidak hanya berdampak baik bagi Ac tersebut melainkan juga untuk kendaraan anda. Apabila kondisi Ac terawat, mobil anda akan terjaga kenyamanannya dan tidak cepat rusak. Jika suatu waktu anda berencana untuk menjual mobil tersebut, kerusakan yang parah dan berarti tidak akan terjadi karena telah dilakukan perawatan rutin.
Demikian berbagai keuntungan yang bisa anda dapatkan apabila anda melakukan service Ac mobil secara rutin. Sangat banyak bukan? Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa mobil anda ke tempat service mobil terpercaya untuk menjaga kenyamanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar