19 Januari 2020

JENIS-JENIS PEMELIHARAAN PANEL LISTRIK


JENIS-JENIS PEMELIHARAAN PANEL LISTRIK

Salah satu cara untuk menjaga kondisi peralatan listrik tetap baik dan awet serta menjaga kontinyuitas penyaluran energi listrik pada konsumen / peralatan listrik adalah dengan merawat dan memelihara panel distribusi listrik dan panel kontrol listrik.

Panel listrik perlu dilakukan perawatan secara rutin dan berkala agar fungsinya selalu bekerja dengan baik. Untuk perawatan panel listrik dapat menggunakan jasa yang telah banyak tersedia. Selalu pergunakan jasa perawatan panel yang telah berpengalaman dan kompeten di https://sewatama.com/id/

Berikut ini adalah jenis - jenis pemeliharaan panel listrik, yaitu :

1.
Predective Maintenance (Conditional Maintenance) Adalah pemeliharaan yang dilakukan dengan cara mempredeksi kondisi suatu perlatan listrik. Apakah dan kapan kemungkinan peralatan listrik tersebut menuju kegagalan. Dengan mempredeksi tersebut dapt diketahui gejala kerusakan secara dini. Cara ini biasa dipakai adalah monitor kondisi secara online baik dalam peralatan beroperasi maupun tidak beroperasi. Untuk ini diperlukan peralatan dan personil untuk analisa. Pemeliharaan ini disebut juga pemeliharaan berdasarkan kondisi (Conditional Base Maintenance).

2.
Preventive Maintenance (Time Base Maintenance) Adalah pemeliharaan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya peralatan secara tiba-tiba dan untuk memepertahankan unjuk kerja peralatan yang optimal sesuai umur teknis peralatannya. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dengan berpedoman kepada: Instructional manual dari pabrik, Standar-standar yang ada dan pengalaman operasi dilapangan. Pemeliharaan ini disebut juga pemeliharaan berdasarkan waktu (Time BaseMaintenance).

3.
Corrective Maintenance Adalah pemeliharaan yang dilakukan secara berencana pada waktu-waktu tertentu, ketika peralatan listrik mengalami kelainan atau unjuk kerja rendah pada saat menjalankan fungsinya dengan tujuan untuk mengembalikan pada kondisi semula disertai perbaikan dan penyempurnaan instalasi. Pemeliharaan ini disebut juga Currative Maintenance, yang berupa Trouble Shooting atau penggantian part / bagian yang rusak atau kurang berfungsi yang dilaksanakan secara terencana.

4.
Breakdown Maintenance Adalah pemeliharaan yang dilaksanakan setelah terjadi kerusakan mendadak yang waktunya tidak tertentu dan sifatnya darurat.

Panel listrik perlu dilakukan perawatan secara rutin dan berkala agar fungsinya selalu bekerja dengan baik. Untuk perawatan panel listrik dapat menggunakan jasa yang telah banyak tersedia. Selalu pergunakan jasa perawatan panel yang telah berpengalaman dan kompeten di https://sewatama.com/id/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar